CATATAN AKHIR TAHUN


Salam Kebajikan, 
惟德動天,

Beberapa hari lagi tahun 2021 M akan berakhir, tahun 2022 M akan tiba. Banyak peristiwa telah kita lalui baik peristiwa yang mengesankan maupun mengesalkan. Apapun itu, nyatanya kita telah berhasil melalui dalam keadaan kita sekarang.

Dalam tataran luas, tahun ini kita masih hidup dalam suasana pandemi. Berbagai aktivitas harus tetap dilakukan dalam protokol kesehatan yang ketat, agar kita dapat memutus penularan COVID-19.

Di beberapa daerah terjadi bencana alam banjir, gempa bumi, maupun gunung meletus.

Berbagai peperangan dan aksi terorisme masih terjadi di berbagai penjuru dunia.

Banyak hal negatif lain yang kita dengar, lihat dan alami misalnya kondisi ekonomi yang kurang baik, aksi kekerasan dengan berbagai alasan, dan lain-lain.

Namun demikian, tak semua hal negatif terjadi, banyak hal positif yang kita dengar, lihat dan alami.

Kebangkitan ekonomi, perdamaian, berbagai penemuan, prestasi dan karunia di berbagai bidang terjadi sepanjang tahun ini.

Begitulah kehidupan ada hal negatif,  ada hal positif. Dan satu lagi yang pasti: tidak semua hal berada dalam kendali kita.

Tak banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengubah apa yang akan dan telah terjadi pada beberapa peristiwa.

Sebaliknya, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk berbuat sesuatu dalam upaya memperbaiki diri dan sedikit dampak pada orang-orang terdekat kita. Yang pasti dan mesti dapat kita lakukan adalah memperbaiki diri kita. Tidak mengulangi kesalahan dan memperbanyak berbuat Kebajikan. Sekurang-kurangnya kita dapat mengubah cara pandang, paradigma kita. Asal kita punya kemauan dan tekad pasti bisa.

Mudah-mudahan hal sederhana yang kita lakukan membawa dampak lebih luas. Kalaupun tidak ya tak apa-apa. Semua mesti dimulai dari lingkup kecil dan dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Itu butuh proses.

Dalam berbagai bidang kehidupan pribadi, banyak hal yang mesti saya perbaiki. Itu pasti! 

Saya pikir Andapun demikian kalau Anda ingin bertumbuh.  

Seperti biasa, suasana akhir tahun selalu membawa semangat untuk melakukan evaluasi, introspeksi dan membuat rencana agar tahun depan menjadi lebih baik. Tinggal di tahun yang baru memperkuat tekad dan keberanian disertai kerja keras dan pintar untuk mewujudkan rencana.

Saya mengucap syukur ke hadirat Tian karena dalam keterbatasan pengetahuan, keragu-raguan, kejemuan, dan dengan sedikit memaksakan diri saya akhirnya menuntaskan komitmen pribadi saya untuk setidaknya menulis delapan tulisan perbulan.

Bisa jadi apa yang saya lakukan tidak berharga untuk orang lain, tapi setidaknya saya membuktikan pada diri saya sendiri bahwa keterbatasan, keragu-raguan, dan kejemuan dapat dipatahkan dengan komitmen yang kuat, rasa malu dan kerja.

Saya pikir, hal yang sama diperlukan dalam menggapai keberhasilan di bidang-bidang lain, tak terkecuali dalam upaya perbaikan diri.

Dalam beberapa hari terakhir di penghujung tahun ini, saya akan membuat rencana dan memperbaharui komitmen saya, termasuk mengenai penulisan blog ini apakah akan diteruskan, ditambah, diubah, dikurangi atau ditutup, disertai keyakinan Tian senantiasa melindungi Kebajikan!

Terima kasih kepada Budi Wangsa Tedy yang telah begitu luar biasa memberi ilustrasi gambar dan mengedit artikel dalam blog ini serta membayar uang tahunan biaya domain blog kepada penyedia layanan. 

Great Job!

Tak salah bukan, bila saya bersulang untuk diri saya sendiri atas keberhasilan memenuhi komitmen menulis 8 tulisan per bulan dalam tulisan ke-313 ini? 

Maafkan bila saya nampak sedikit narsis.

Selamat Tahun Baru 2022 M! (US) 28122021


Daxue Utama: 2, Lunyu I: 1, Daxue 2: 4.

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG ARWAH (TAFSIR)

KING HOO PING (JING HAO PENG, JING HE PING)

KETELADANAN KEBAJIKAN GUAN GONG