12 BULAN, 120 TULISAN

Salam Kebajikan,

Hari ini, tanggal 2 Januari, tepat satu tahun sejak saya membuat tulisan pertama dalam blog www.uungsendana.com.

Cukup banyak topik yang telah saya coba tulis dengan gaya bahasa sehari-hari, diselingi beberapa topik berisi kutipan atau pembahasan dari buku maupun kitab suci dengan bahasa yang lebih serius. Tanpa terasa, tulisan ini merupakan tulisan ke-120, jadi rata-rata 10 topik saya tulis dalam sebulan, melebihi target pribadi saya untuk menulis 8 tulisan dalam sebulan.

Dalam perjalanan satu tahun kadang timbul pertanyaan dalam diri saya, apakah ada gunanya saya menulis blog? Apakah orang-orang berminat membaca topik-topik yang ditulis, terlebih menurut survei dari lembaga yang kredibel minat baca orang Indonesia sangat rendah. Dan banyak lagi pertanyaan berkecamuk dalam pikiran saya. Tapi bagaimanapun, saya akan berusaha terus menulis semampu saya, toh ada juga pembaca-pembaca setia di beberapa kota.

Di samping itu, blog dapat saya manfaatkan untuk menjawab pertanyaan dari orang-orang yang kadang bertanya pada saya mengenai beberapa hal sehingga dapat menghemat waktu. Tak kalah penting, blog melatih diri saya untuk menuangkan pemikiran atau ide yang kadang terlintas dan sayang bila terlupakan, siapa tahu pada saatnya, pemikiran dan ide tersebut dapat bermanfaat.

Di sisi lain, menulis blog membantu saya belajar hidup dengan target dan berupaya memenuhi target yang telah saya buat dalam kondisi yang kadang tidak ideal dan rasa malas yang sering menyapa. Dengan blog saya memaksa diri untuk fokus pada target dan melatih disiplin.

Last but not least, saya pun dipaksa untuk terus berusaha update dengan kondisi-kondisi terkini, membaca kembali Kitab Sishu–Wujing dan buku-buku berbagai bidang ilmu dan kehidupan.

Dengan demikian, mudah-mudahan saya dapat menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat. Memang tidak untuk setiap orang, tapi bagi orang-orang yang mau membaca dan menjadi pembaca setia.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca dan pada Budi Wangsa Tedy yang telah merancang, membiayai, dan membuat blog ini lebih artistik dan bermakna dengan ilustrasi gambar yang keren.

Doakan saya agar terus mampu mencari ide untuk menulis atau mengutip tulisan dan menuliskan dalam blog ini selama yang saya mampu.

Jangan sungkan untuk mengontak saya melalui japri WA, Line, telpon, email, atau halaman kontak blog ini, agar kita dapat berdiskusi dan saya pun dapat belajar dari Anda. Kalau Anda ingin terus update dengan blog ini,  silakan Anda klik 'langganan'.

Maha Besar Shang Di, Tian Melindungi Kebajikan. 

Huang Yi Shang Di, Wei Tian You De. (US) 02012020

Postingan populer dari blog ini

SEMBAHYANG ARWAH (TAFSIR)

KING HOO PING (JING HAO PENG, JING HE PING)

KETELADANAN KEBAJIKAN GUAN GONG